Anti Panas Matahari, Begini Cara Menikmati Borobudur Sunrise via Manohora Resto

Tuesday, January 15, 2019

Satu hal yang terlintas jika akan berwisata ke Candi Borobudur yaitu terik matahari. Ih, pasti nanti kepanasan, harus siap bawa payung, topi, masker, jangan lupa pakai sunblok SPF 50+++ dan kerempongan lainnya.
Gimana kalau coba pangalaman baru? Menikmati matahari terbit dari puncak candi Borobudur sounds good yeah, yang pasti ndak kepanasan kan? siip.


magical sunrise view from Borobudur
Foto didepan Candi Borobudur setelah matahari terbit, terlihat cua
Menikmati Borobudur sunrise bersama bestie ;*
Sesaat setelah matahari terbit @ Borobudur Sunrise

Fasilitas Borobudur Sunrise via Manohara Resto

Ternyata menikmati matahari terbit disini buat saya tidak murah sodara-sodara. Borobudur sunrise adalah salah satu fasilitas yang diberikan kepada tamu hotel Manohara. Aje gile, nginep dihotel ini tidak ramah kantong saya. Tapi tenaang, previlege untuk melihat sunrise dari Borobudur bisa juga dinikmati oleh pengunjung lain, selain tamu hotel, tentunya dengan membeli tiket.
Dengan membeli tiket Borobudur Sunrise, fasilitas yang kita dapat tentunya adalah
1. Berhak masuk kawasan candi Borobudur diwaktu yang lebih pagi dari pengunjung umum. Loket dibuka mulai pukul 04:00WIB, dan pintu gerbang dibuka pukul 04:30 WIB, sedangkan pengunjung umum loket dibuka mulai puluk 06:00 WIB
2. Senter sebagai alat penerangan selama perjalanan ke puncak candi
3. Souvenir berupa selendang
4. Sarapan, buffet atau prasmanan. Sarapan mulai pukul 06:00 s/d 09:00 WIB


Manohara Resto
Manohara Resto



Menu sarapan Manohara Resto
Menu sarapan Manohara Resto

Tiket Borobudur Sunrise via Manohara Resto

Pengunjung ternyata sangat beragam dari wisatawan domestik bahkan internasional. Untuk tiket masuk Borobudur sunrise adalah
  • Dewasa
    • Asing : Rp475.000,- nett/pax
    • Domestik : Rp350.000,- nett/pax
  • Anak (6-10 tahun, dibawah kategori ini Free Of Charge)
    • Asing : Rp250.000,- nett/pax
    • Domestik : Rp185.000,- nett/pax
Harga tiket ini juga berlaku untuk Borobudur sunset. Untuk Sunset di Borobudur pengunjung bisa menikmati sunset setelah loket untuk umum hingga pukul 18:30 WIB

Jam 03:40 kami sudah bisa masuk, menunggu resepsionas datang untuk pembelian tiket. Bisa ke toilet dulu

Alamat Manohara Resto dan Cara Menuju Manohara Resto (ini agak tricky)

Tips bagaimana cara kami sampai ke Manohara Resto untuk menikmati Borobudur Sunrise perlu sekali dibaca supaya kejadian serupa tidak terulang untuk teman-teman yang akan kesini.
Kami berangkat pukul 20:15 WIB dari kota Kediri dan sampai Magelang/ area candi Borobudur sekitar pukul 03:30 WIB. Ingat, loket masuk dibuka pukul 04:00 WIB. Tapi sebelumnya kita sudah bisa masuk, bisa numpang pipis ditoilet dll sambil menunggu resepsionis datang untuk melayani pembelian tiket.

Berbekal google maps kami meluncur ke titik yang ada, sebelumnya rombongan kami ditanya oleh bapak ojek yang ternyata sepagi itu sudah standby. Kira-kira begini dialognya
Pak Ojek : Mau kemana?
Pak Kernet bus: Manohara Resto
Pak Ojek: Oh mau ke borobudur sunrise? Asing atau Jawa?
Pak Kernet: Wong jowo pak
Pak Ojek: Manohara resto sudah pindah, kalau mau ditunjukkan jalannya menuju lokasinya yang baru? bayar 50rb aja
Pak Kernet: Ndak usah pak, tak golek-i dewe, iso ae golek duwit
Kemudian rombongan kami tetap meluncur, ngeloyor aja mengikuti google maps. Ternyata tidak ketemu, titik yang ditunjukkan oleh google maps ternyata tutup, akhirnya kami berpikir, jangan-jangan memang pindah seperti kata pak ojek. Ternyata pak ojek yang tadi masih ada etia membuntuti bus kita. Tahu kita sedang galau, pak ojek sekali lagi menawarkan jasa antar ke lokasi. Akhirnya pak kernet bus dan ojek deal untuk diantarkan ke lokasi dengan biaya jasa 10rb saja hehehe.

Ternyataaa, lokasinya tidak pindah, tetap sesuai dengan google maps, hanya saja pintu akses masuknya yang berbeda. Gmaps merekomendasi masuk dari pintu selatan, sementara bapak ojek mengantarkan kami ke pintu utara. Kedua pintu ini sama-sama masih dalam keadaan terkunci. Lhaaa,,, terus bagaimana? Akhirnya bus kami menunggu didepan pintu masuk utara, tak berselang lama petugas pos depan datang dan membukakan pintu. Alhamdulillah

Nah, biar jelas saya berikan gambaran peta atau maps bagaimana cara menuju manohara resto untuk Borobudur sunrise ini biar jelas ya.
Peta Lokasi Menuju Manohara Resto
Titik kordinat ke manohara resto bisa copas ini untuk ke gmaps:
https://maps.app.goo.gl/2ZSf9

Hunting Sunrise di Borobudur

Akhirnya sampai pada waktu yang ditunggu, setelah loket bukan jam 04:00 kami membeli tiket dan bersiap ke pintu akses masuk sekitar pukul 04:30. Ini waktu yang cukup ideal untuk kami sholat subuh dulu sebelum perjalanan, kita mau mentadaburi alam masak meninggalkan sholat, ya kan?

Berbekal senter kecil, kami berjalan menaiki tangga hingga ke puncak candi Borobudur. Kami memilih spot yang mungkin menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise, yaitu disisi candi yang menghadap timur. Pada kondisi gelap, kami mencari arah timur menggunakan kompas yang ada di smartphone kami. Pengunjung didominasi oleh wisatawan asing

Cukup lama kami menunggu munculnya Sang Mentari, hingga berkisar pukul 05:30 bias cahaya berwarna oranye mulai bersemburat. Cahaya matahari pagi seketika membuat kami semua excited, sama-samar terlihat pohon-pohon yang mengelilingi candi. Kabut pagi itu nampak sangat cantik, berpadu dengan siluet candi serta pohon-pohon yang masih tampak gelap menjadikan suasana semakin magis, menghipnotis dan tak lupa kami berucap masyaAllah masyaAllah masyaAllah, semua yang indah-indah ini terjadi karena Allah.



Saat matahari belum terbit diatas candi puncak candi Borobudur

Saat matahari belum terbit diatas candi puncak candi Borobudur

selfie diatas puncak candi Borobudur, Saat matahari belum terbit diatas candi puncak candi Borobudur

Matahari mulai terbit di candi Borobudur

Semakin terang, Matahari mulai terbit di candi Borobudur

Sisi lain, Matahari mulai terbit di candi Borobudur
Youtube Borobudur sunrise via Manohara Resto

Bonus sejarah Borobudur, seluk-beluk dibalik Candi Borobudur





You Might Also Like

1 komentar

  1. Mbak harga 350 000 itu utk nginep hotel manohara? Kalau umum bisa naik nggak lihat sunrise? Berapa harga tiketnya?

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung

Komunitas Emak2 Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

warung-blogger-banner

Subscribe