Bingung Beli Kulkas 2 Pintu, Pilih Yang Hemat Listrik Saja

Monday, August 20, 2018

Bagaimana cara memilih kulkas yang baik? tentunya pertanyaan ini bisa dijawab dengan beragam jawaban karena kebutuhan masing-masing keluarga akan berbeda dalam penentuan spesifikasi kulkas yang diidamkan atau ideal. Seperti saya misalnya, saya memilih kulkas sesuai dengan kriteria yang saya tetapkan sendiri yakni bebas bunga es dan wajib hemat litrik, kalau bisa yang terhemat.

Kenapa harus bebas bunga es? karena kulkas yang saat ini kami miliki saat ini adalah kulkas 1 pintu yang berbunga es / tidak memiliki fitur defrost sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Tentunya ini menyita waktu dan tidak efektif, karena terkadang ada satu masa dimana bunga es sudah banyak dan malas membersihkan sehingga freezer malah tidak bisa digunakan bahkan tidak bisa dibuka hehehe. Kulkas satu pintu yang masih kami gunakan ini adalah pintu toshiba glacio.

Kenapa harus hemat listrik? karena tarif dasar listrik (TDL) semakin lama semakin naik, tidak ada istilah TDL turun, betul ndak? Sebagai ibu cerdas nan hemmat maka pilihan perangkat yang hemat listrik adalah wajib, termasuk dalam pemilihan kulkas. Sebagaimana kita tahu bahwa kulkas adalah satu-satunya perangkat didalam rumah yang selalu dalam kondisi ON atau nyala selama 24 jam setiap harinya alias ga ada liburnya. Kebayang dong kalau listrik kulkas besar maka jebol-lah pertahanan keuangan keluarga hehehehe

Karena kulkas termasuk barang yang tidak mudah rusak, cycle-nya cukup lama, jadi saya pikir mending beli yang sedikit lebih mahal tapi awet dan sesuai kriteria daripada asal-asalan. Sebagai info kulkas saya sejak lebih dari 7 tahun lalu masih bekerja dan belum pernah rusak, semoga tidak, tapi sebetulnya sudah tidak relevan dengan zaman now yang serba low watt karena kulkas saya tidak hemat listrik sekali, dan merupakan kontributor utama harus isi ulang token listrik hahaha.

Kami putuskan untuk melihat langsung ke toko elektronik untuk pilihan kulkas yang ada, daripada sibuk cari di online ternyata di tipe inceran tidak ada ditoko dekat rumah kan bikin emosi ya. Setelah melihat-lihat kami tertarik untuk mendiskusikan 3 jenis kulkas ini. 3 Pilihan kulkas 2 pintu yang hemat listrik yakni
  1. Samsung RT29 Twin Cooling Plus™,kapasitas 300 liter, fitur yang paling banyak disebut-sebut dan menjadi andalan adalah fitur twin cooling serta coolpack. Range harga berkisar 4,7 jutaan hingga 5,2 jutaan.
Samsung RT29 Twin Cooling Plus™

  1. Samsung RT29 Twin Cooling Plus™

    2. Panasonic NR-BB258G-K. Warna hitam pekat pada body kulkas membuat suami saya tak bisa memalingkan muka, maklum favoritnya warna hitam. Tempat es tidak bisa dipindah alias sudah fix, menurut saya ini salah satu kekurangan dari segi desainnya. Range harga berkisar 4,5 jutaan hingga 5 jutaan.

    Panasonic NR-BB258G-K

    3. Electrolux ETB2600MG. Kulkas 2 pintu ini digadang-gadang paling hemat listrik oleh sales toko elektronik yang kami datangi. Range harga berkisar 4,7 jutaan hingga 5,1 jutaan

Pilihan Jatuh Kepada??

Setelah kami telaah pilihan tersisa adalah opsi kulkas Samsung atau kulkas Electrolux dan sebagai penentu adalah saya, ibu rumah tangga, sekali lagi saya ingin memastikan apakah listriknya hemat? Karena dari segi desain saya tidak terlalu bermasalah dengan keduanya, terlebih saya bukan orang yang brand minded, concern utama saya adalah kulkas yang saya beli harus HEMAT LISTRIK.

Kedua kulkas sudah menggunakan teknologi inverter yang membuatnya hemat listrik, tapi seberapa hemat? harus dibandingkan dengan jeli. Suami saya dengan tanpa kenal lelah bertanya kepada sales yang ada hingga menemukan jawaban bahwa, kulkas electrolux yang paling hemat listrik, bahkan untuk tipe yang lebih tinggi (lebih besar dan lebih mahal) kulkas electrolux berani memberi jaminan hemat listrik yang secara jelas dicantumkan di body pintu kulkas mereka.

Akhirnya kami bungkus kulkas Electrolux 2 pintu ETB2600MG sesuai foto dibawah. Selain bebas bunga es, kulkas ini paling hemat listrik dengan klaim 1 Kwh/hari.
Review penggunaan kulkas Electrolux 2 pintu ETB2600MG ini setelah beberapa hari pemakaian ada beberapa poin sbb:
1. Terbukti hemat listrik, bahkan lebih hemat dari klaim-nya. Simulasi oleh suami saya sempat diupload di kaskus seperti yang saya capture dibawah
2. Surprisingly, ternyata suaranya halus saat mulai bekerja atau pada "angkatan" listrik. Ini penting, karena saya pernah tahu kulkas yang cukup berisik, jadi saat bekerja seperti ada botol yang jatuh kemudian berdengung, bunyinya seperti "CETEK.. DEEENG..." bisa bayangin ga? ya gitu deh, kulkas L* setahu saya berisik.

Oh iya video review kulkas ini sudah saya post di youtube saya, linknya juga ada dibawah ya
  
Electrolux ETB2600MG

Electrolux ETB2600MG

Electrolux ETB2600MG
Electrolux ETB2600MG

Electrolux ETB2600MG




You Might Also Like

1 komentar

  1. aku trus inget kemarin mertua juga baru beli kulkas, pdhl yg lama maksutnya pengen dibenerin dulu. Ndilalah baru tau kalo merk Toshiba udah bangkrut katae :D

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung

Komunitas Emak2 Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

warung-blogger-banner

Subscribe