Siapkan Ini Sebelum Ke Raja Ampat

Friday, April 13, 2018

View From Puncak Wayag (c) bulansujud.com


Mau kemana? Raja Ampat!


Seperti itulah sepenggal kata-kata yang muncul di salah satu iklan televisi OTA (Online Travel Agent) Indonesia, ada juga beberapa seri iklan yang lain, simple tapi cukup membuat terngiang-ngiang di pikiran. Apa yang ada dipikiran kita saat mendengar kata Raja Ampat? Beberapa kata yang sering muncul adalah Papua, jauh, wishlist, wisata, laut, pemandangan, indah, wonderful, beautiful, mahal, mendaki dst.

Alhamdulillah akhir bulan Maret 2018 saya berkesempatan menjejakkan kaki di Pulau Papua bersama kolega, rekan-rekan dikantor yang berhasil saya komporin untuk memilih wisata kesini, masih Indonesia. Why Raja Ampat? Siapa sih yang ga tau Raja Ampat, terkenal seantero Indonesia dan seluruh dunia ga lebay. Sudah diakui bahwa disini sebagai salah satu tujuan wisata laut yang kaya akan biota laut. Dan kepulauan Raja Ampat ini adalah salah satu aset Indonesia yang bisa dibilang wajib dikunjungi. 


Siapin Budget

"Wih liburan mahal nih!" seorang teman bilang begitu, dan banyak lagi lainnya yang bertanya tentang budget liburan ke Raja Ampat. Semacam penasaran yang timbul dari keinginan untuk bisa juga menginjakkan kaki di destinasi wisata yang terkenal di sejagat raya ini karena keanekaragaman hayati bawah lautnya. Sebetulnya apa sih yang bikin mahal?

Pertama tiket pesawat, berbeda dengan tiket pesawat untuk destinasi wisata luar negeri yang sering sekali ada promo dengan cuma beberapa ribu rupiah bisa dapat tiket PP bahkan sampai nol rupiah, ke Sorong Papua harga tiket cenderung stabil. Untuk rute Surabaya-Sorong beberapa maskapai yang melayani adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Batik Air demgan pilihan direct ataupun transit. Kami memilih perjalan menggunakan Batik Air direct flight dengan jadwal berangkat pukul 05:00 WIB tiba diSorong pukul 10:15 WIT. Untuk tiket pesawat Surabaya-Sorong kami mendapat harga 2,4 jutaan Rupiah untuk tiket PP.

View From Puncak Piaynemo (c) bulansujud.com


Oh iya gerbang menuju Raja Ampat adalah dari Sorong Papua. Kebayang ga Sorong itu di Papua sebelah mana? Ingat-ingat pelajaran geografi sekalian intip google maps terlihat Sorong itu ada di kepala pulau Papua, jadi termasuk bagian Papua Barat. Raja Ampat sendiri terletak di arah barat laut dari Sorong. Perjalanan dari Sorong menuju Raja Ampat dapat dilakukan via udara ataupun laut. Ini menjadi alasan kedua kenapa destinasi ini mahal, keterbatasan pilihan transportasi. Saya sendiri memilih jalur laut, untuk jalur udara infonya ada maskapai Susi Air yang menyediakan. Namun untuk perjalanan antar pulau ataupun berkeliling wisata Raja Ampat menggunakan jalur laut. Kalau jalan-jalan didarat kita bisa sewa mobil tapi disini harus sewa boat, kebayang kalau perjalanan cuma 2 orang pasti akan menjadi sangat mahal biaya yang ditanggung. Tapi ga usah khawatir karena beberapa tour travel menyediakan opentrip ke tujuan ini. Jadi kita bisa share trip bersama orang -orang lain sehingga akan lebih menghemat biaya. Selain opentrip tersedia juga privat trip, biasanya untuk perjalanan group dalam jumlah 15 orang atau lebih banyak. Karena kami berangkat ber-17 maka sudah bisa memilih perjalanan privat trip, satu boat hanya untuk grup kami.
Iseng saya googling harga sewa boat, sehari untuk tujuan wisata ke Wayag misalnya, berkisar antara 15 s/d 25 juta, lumayan bikin kaget ya hehehe

Ketiga, pemilihan penginapan selama kita disana. Mulai dari homestay, resort dan hotel ada disini, pemilihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pastinya. Kami sendiri sepakat saja diberikan penawaran ada penawaran upgrade penginapan, jadilah kami menginap di Waiwo Dive Resort selama di Raja Ampat, review di postingan lain ya.

Pilih Tour Travel Terpercaya

Untuk jadwal rencana perjalanan selama disini atau itinerary selama di Raja Ampat kami tidak perlu pusing-pusing karena sudah diatur oleh Tripooke yang kami pilih sebagai tour travel kami. 4D3N kami habiskan di Papua dengan itin seperti foto dibawah ini. Oh iya, pemilihan tour travel ini dipelopori oleh teman-teman di kantor yang gigih dan jeli mencari tour travel tepercaya hanya dengan bantuan internet.



Untuk paket 4D3N diatas kami membayar sebesar 6,3 jutaan rupiah per pax. Beberapa pilihan paket dari beberapa tour dan travel bisa kita pilih sesuai dengan budget juga kebutuhan kita. 

Persiapan Fisik

Fisik juga penting untuk kita siapkan karena beberapa medan yang akan ditempuh perlu sedikit perjuangan. Sebut saja di Wajag, kita harus mendaki karang agak terjal hingga naik tangga di Piaynemo yang cukup membuat nafas tersengal. Olahraga sebelum perjalanan ke Raja Ampat cukup penting dan layak dipertimbangkan untuk dilakukan.

Persiapkan juga obat-obatan pribadi, selama disini saya menghabiskan 1 bungkus salonpas yang saya pakai sebelum tidur setelah berkegiatan, padahal masih pakak hot n cre*m juga, komplit deh. Yang mabuk laut juga bisa disiapkan obat anti mabuk. Walaupun penuh perjuangan tapi bahagia bisa sampai disini.

Cukup sekian dulu cerita persiapan ke Raja Ampat. Untuk cerita dari hari-1 sampai pulang saya tulis di posting berikutnya ya, semoga tidak terlalu lama bisa dipost juga.


You Might Also Like

2 comments

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung

Komunitas Emak2 Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

warung-blogger-banner

Subscribe