Saturday, January 9, 2016

Paspor Baru 2016 Beda!

Alhamdulillah paspor akhirnya jadi! setelah gagal urus paspor di kantor imigrasi Margorejo akhirnya sukses di kantor imigrasi Tanjung Perak sampai dengan pengambilan paspor jadinya. Lumayan ada ceritanya deh pembuatan paspor ini, dan lagi biaya untuk paspor ini turun kalau buat saya. Karena paspor lama bikin pakai calo harga mencapai Rp800.000,- dan sekarang urus paspor tanpa calo ternyata jauh lebih mudah dan ga susah-susah amat. Biaya urus paspor hanya Rp360.000,- nett. Yang urus paspor pakai calo jangan ditiru yaa,, asli waktu itu disuruh sibos berangkat ke Spore event CommunicAsia besok dan nyuruhnya baru hari ini gitu, jadi dengan amat sangat terpaksa deh pakai calo huhuhu, 

Oh iya CommunicAsia adalah ajang tahunan pertemuan para praktisi dan pelaku industri telekomunikasi, isinya banyak vendor dan perusahaan yang bergerak dibidang ICT. Kali itu communicasia pertama yang saya datangi dan sampai saat ini belum pernah ikut lagi buahahaha, eh jadi cerita apaan sih ini, intermezo yaa.

Kembali ke paspor, ternyata setelah dilihat-lihat ada perbedaan antara paspor lama saya keluaran 5 tahun lalu dibandingkan paspor yang baru. Seperti:

  • Pertama, warna sampul paspor baru nuansa biru, biru muda, eh biru tosca, eh jadi buta warna kaan, yang jelas beda banget dengan paspor lama warna hijau tua itu. 
  • Kedua, Paspor baru 2016 tanpa tanda tangan pemegang. 
  • Ketiga, paspor baru disetiap halamannya terdapat gambar warna-warni yang mencerminkan Indonesia, ada tempat wisata seperti Borobudur dan juga gambar satwa-satwa, dari total 48 halaman lebih banyak gambar satwanya sih tapi gpp tetep kita apresiasi ya. 
  • Keempat, poto saya lebih cantik dipaspor baru ini hahaha, belajar dari poto paspor pertama yang hasilnya kurang memuaskan jadi saat akan pengambilan poto saya sempat ngaca dulu di hape pakai kamera depan dan ga sengaja ketauan petugasnya, si bapak petugas nyeletuk kira-kira seperti ini "tenang ae mbak nek elek tak ulangi maneh potone" dan hari itu saya dipoto sampai dengan 5 kali. Tapi sebenarnya bukan karena saya yang minta sih, tapi kebetulan aja kameranya agak error hahaha
Ini nih poto paspor saya yang cantik itu hahaha, yang jilbab biru paspor lama yang jilbab merah paspor baru,, yeeey
Poto Paspor Baru 2016, Handcreamnya buat ganjel haha
Sampul paspor RI baru 2016

Waktu yang diperlukan untuk pengurusan perpanjangan paspor [sepertinya sama buat yang lain juga] adalah
1 Hari untuk pendaftaran dikantor imigrasi, pengurusan sampai dengan foto, wawancara dan keluar form untuk pembayaran ke bank BNI
x Hari untuk pembayaran dibank BNI, bisa langsung dibayarkan hari itu juga tau kalau masih belum ada uang ya nuggu gajian lah ya hahaha
3 Hari untuk menunggu paspor jadi dan dapat segera diambil lagi dikantor imigrasi
Semuanya dihitung pada hari kerja ya

Jadi misal kita daftar senin, langsung bayar, jumat paspor seharusnya sudah bisa diambil, cuma seminggu dong? iya bener, mantap to. Ini pengurusan perpanjangan paspor sendiri, resmi, tanpa calo loh
Tapi kalau x Hari untuk pembayaran ke bank ditunda-tunda ya silahkan dikira-kira sendiri kapan jadinya hohoho
Overall  ga susah kan pengurusan paspor sendiri tanpa calo, cobain deh, yakin ketagihan *eh

 







 

11 comments:

  1. Berapa hari jadi mbak klo ngurus passport?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Mikeirarya, paspor jadi selang 3 hari setelah pembayaran dibank, dihitung hari kerjanya aja ya

      Delete
  2. pengen bikin. nabung dulu ya mba bulan, uang saya masih recehan. makasi infonyaa ya mba cantik *eh, peace.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, senang bisa bermanfaat, semoga tabunganannya segera banyak :)

      Delete
  3. Mba, itu paspor yg lama gk diminta ya? Soalnya kapan itu dulu ada ug mosting, yg lama diminta. Jd discan dulu sm dia buat kenang2an hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paspor lama diminta, tapi pas paspor barunya jadi yang lama dikasihkan lagi kok, cuma sudah digunting, nanti aku upload ya

      Delete
  4. Belum pernah ke luar negeri jadi gak punya paspor .-.

    ReplyDelete
  5. Mbak wulan, brarti kalau misal hari ketiga belum bayar di bni trs bayarnya di hari ke lima atau enam atau tujuh masih bisa ya mbak? Hehehe pertanyaannya keliatan kl udh bikin tp blm bayar ya hahaa...thanks mbak wulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tanda terimanya itu ada tanggal maksimal bayar, setelah lewat masa bayar jika belum dibayar maka pengajuan dibatalkan. sayang banget aku lupa poto tanda terimanya, kenuru aku setor ke bank

      Delete
  6. Ada tt n stempel pejabat imigrasi nya ga mba? Punya ku baru 1mg yg lalu keluar. Tp ga ada tt n stempel pejabat imigrasi spt passport lama. Jadi galau de.

    ReplyDelete
  7. Ya sama paspor saya yg baru juga tidak ada tanda tangan pejabat imigrasi

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung