Wednesday, January 6, 2016

Membuat Bantal Duduk Kursi Dengan Jahit Tangan


Sabtu minggu waktunya prakarya pura-pura lupa sama tesis hehe. Kali ini masih dengan cara jahit tangan, saya membuat bantal duduk untuk kursi kayu. Kursi ini adalah pemberian bapak, eh sama meja kayu jatinya juga. Awalnya sih mau dibeliin kursi baru untuk isi rumah tapi sebagai anak yang baik cieh saya menolak dengan halus tapi malah mau dibeliin lemari TV, yah emang gitu deh orang tua ya, ga mau yang ini mau diganti beli yang lain. Yo wis supaya sama-sama lego akhirnya saya minta kursi dan meja jati dirumah yang saya tahu memang tidak terpakai dengan optimal karena dipakai diloteng lantai 2.

Nah karena kursinya terbuat dari kayu tanpa spon jadi memang kurang nyaman berlama-lama duduk disini, kesannya kurang laku nih kursi dirumah karena ada sofa yang lebih empuuuk. Fine! Sepertinya memang perlu batal duduk kursi. Liat-liat di toped ada sih yang jualan cuma ukurannya tidak sesuai dengan kursiku, dan naluri emak-emak ya pengennya irit melulu hahaha.
Akhirnya weekend lalu diputuskan untuk membuat prakarya bantal duduk kursi, karena mesin jait madih disimpan dengan baik dan males untuk bongkar-bongkar dan males dikomentarin pak suami yang pasti mengingatkan tesis diputuskan untuk membuat dengan cara jahit tangan.

Pertama saya buat dulu bantalnya, dari sisa spon bungkus springbed yang saya punya dan beli seperempat dakron seharga Rp15.000,00 untuk isian bantal. Agak kurang sih tapi lagi-lagi maunya iriit hehehe
Kalau cara buat bantalnya biasa aja sih menyesuaikan ukuran dan ketersediaan bahan dan sedikit kreatifitas dalam keterbatasan. Dan karena buatnya pas  pulang kampung jadinya kok agak kurang besar dari ukuran ya hahaha.

Buat bantal duduk kursi kayu
Saya sih prefer bantal yang bisa diganti diganti sarung bantalnya jadi setelah bikin bantal sarung bantal juga dibuat. Yang gampang-gampang aja caranya, pilih kain yang ada pinggirannya jadi jahit tangannya seminimal mungkin. Bisa dilihat digambar dibawah, garis hitam itulah yang saya jahit tangan. Jadi ga perlu jahit tangan 4 sisi kaan


Buat sarung bantal sederhana




Nah setelah bantal jadi saya kasih sedikit tarikan istilahnya apa sih supaya tampak agak menggelembung-gelembung seperti bantal duduk yang dijual bebas itu. Hasilnya seperti penampakan dibawah. Ga sebagus yang orang jual sih karena ada sponnya, bayangan saya kalau misal bantal dibuat tanpa spon, hanya dakron pasti lebih bagus sih heuheu

Baca Juga: Inspirasi Wadah Remot Lucu Tanpa Ribet

Oke bantal duduk siap diaplikasikan dengan terlebih dahulu meberikan tali biar ga lari-lari ga jatuh jadi enak didudukinnya.

Overall not bad, saya suka hasil prakarya saya ini walaupun kepingin bikin lagi hehe.
Next mau bikin lagi yang lebih bagus, buat bantal duduk dimobil, semoga ada waktu luang aamiin









No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung