Tuesday, December 29, 2015

Gagal Urus Paspor Di Imigrasi Giant Margorejo Surabaya



Suasana Kantor Imigrasi Giant Margorejo
Hari ini sebagaimana plan kemarin diniatkan untuk mengurus perpanjangan paspor. Udah Expired dari bulan Juni 2015, halamannya masih banyak yang kosong padahal baru 2 kali diketok di imigrasi dan keduanya karena urusan dinas alias gretongan hehehe. Berharapnya sih setelah nikah sama suami diajakin jalan-jalan gitu ternyata si bapak ga mau-an euy katanya ngapain nambah devisa negeri orang, mending jalan-jalan disini uangnya dibelanjakan untuk orang-orang lokal sini,, apalah,,apalah,,tapi ya baiklah,, saya menyerah juga karena dia keukeh banget, tapi kalau diingat-ingat sih saya lebih banyak nyerahnya sama si bapak,, eh sori-sori ngelantur.
.
Pembahasan cara urus paspor di giant margorejo sudah saya search sebelumnya di beberapa blog, ada yang bilang berangkat jam 5 pagi seperti di blog bukanbocahbiasa ini, ada yang bilang berangkat jam 6 pagi untuk nulis antriannya aja ya.
 .
Akhirnya saya pilih untuk datang jam 6 pagi, pertimbangannya adalah sekarang kan musim liburan harusnya orang-orang itu udah pada liburan dong bukan malah ngurus paspor, oke logika saya sampai disitu aja, dan berangkatlah saya jam 5:30 pagi dari rumah, sampai ditempat jam 5:55. Dan ternyata logika ini salah total, malah banyak orang ngantri sama anak-anak kecil, kan mereka lagi libur jadi sekaranglah waktu yang tepat untuk ngurus paspor,, huahahaha

Baca juga: Sukses Urus Paspor Di Kantor Imigrasi Tanjung Perak
.
Baru sampai diparkiran udah ketemu bapak-bapak yang bilang kalau antrian udah abis mbak, sambil lalu bapaknya bilang "ke waru aja mbak". Ah saya abaikan aja, lanjut aja kelokasi tepatnya didepan kantornya. Ditempat ini, tepatnya dipintu kacanya ditempel kertas yang seharusnya dijadikan tempat menulis tapi katanya orang-orang yang antri disitu disinyalir ada beberapa kecurangan antara lain:
  1. Kertas sudah diganti, yang awalnya sudah nulis nomer satu hilang karena kertas sudah ganti, kertasnya sih emang kertas biasa putih gitu jd gampang kan mau diganti-ganti.
  2. Ada titipan nama ke pak satpam giant, tentunya dengan memberi tips [baca:uang jajan] dan ini diamini mbak penjaga pintu keluar parkiran, katanya memang suka ada yang nitip.
Nah untuk itu kalau boleh saya memberi sedikit saran untuk kantor imigrasi giant margorejo supaya antrian awal ini lebih tertib ada baiknya diambil langkah berikut:
  1. Kertas menulis antrian diganti dengan kertas khusus yang memang diberikan dari kantor, gampangnya sih kertas yang ada stempelnya, atau kop surat atau apalah yang tidak bisa seenaknya diganti-ganti. kebayang kan sakit hatinya orang-orang yang sudah nulis dari jam 4 pagi ternyata pas disamperin kesitu lagi jam 6 pagi kertasnya ganti. Beberapa ada yang nyeletuk minta dicek CCTV-nya supaya ketauan yang ganti kertasnya hohoho
  2. Eh kenapa ga antiannya dibuat seperti parkiran gitu ya, atau mesin yang kita tinggal mencek terus keluar nomer antrian, biar teratur gitu, bisa juga nih tapi harus ada investasi alatnya hehe.
  3. Kalau titip nama ke satpam gimana ya cara mengatasinya, agak susah sih, kita tertibkan diri sendiri aja deh untuk tidak titip-titip nama ke satpam biar fair juga buat yang lain.
Akhirnya jam 06:40 petugas datang dan mulai memanggil nama yang ada di antrian, suasana mulai rame karena orang-orang yang merasa datangnya sudah pagi-pagii banget belum masuk kuota dari total 75 kuota, dan ada pula yang sudah 3 hari berturut-turut kesitu tetap tidak masuk kuota, yanga rtinya harus kembali pulang,, dongkol banget ga tuh. Saya sih antrian ke 126 dan memang tidak berharap banyak dan akhirnya memutuskan untuk pulang saya, eh langsung ngantor ding.
.
Suasana keramaian bisa dilihat divideo dibawah. Orang dalam antrian dan sudah menunggu dalam waktu lama memang jadi sensitif jadi hati-hati ya hehe
.
Postingan ini dibuat semata-mata sebagai bahan perbaikan untuk kita semua, terutama mungkin managemen kantor imigrasi margorejo kantor yang lain belum tau sih. Bukan bermaksut menggurui atau sok keminter, ini cuma pandangan saya orang awam.

 Baca Juga: Paspor Baru 2016, Beda!


Semoga bermanfaat :)










2 comments:

  1. waah ramenya yaa mengurus paspor secara langsung. Salam kenal dari Kudus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal,, urus paspor klo di kantor surabaya selalu rame jd hrs datang pagi, mugkin di Kudus beda ya

      Delete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung