Friday, April 25, 2014

Cek Fisik Motor Bantuan Di Samsat Terdekat, Gratis dan Cukup 10 Menit


Cuus langsung aja deh, step by step cara cek fisik bantuan untuk motor sbb:
1. Datang ke samsat terdekat, saya pilih Kantor Samsat Bersama, Jalan Jetis Seraten Surabaya pastinya. Saya belum pernah kesini sebelumnya, cuma sering lewat aja sih. Keadaan didalam seperti apa, saya juga belum pernah tau, dan ini juga jadi pengalaman pertama saya melakukan cek fisik bantuan.

Baca juga: Sudah Online, Proses Perpanjangan SIM Semakin Mudah

loket cek fisik kendaraan di samsat bersama ketintang

2. Parkir motor di bagian Tempat Cek Fisik Roda 2. Setelah parkir dan melepas semua peralatan perang saya kebagian pojok di tempat ini, disitu ada beberapa orang petugas cek fisik. Oleh petugas saya diminta menunjukkan STNK dan BPKB asli, tak usah menunggu lama, petugas langsung membubuhkan stempel di STNK bertuliskan "KENDARAAN DATANG"
3. Petugas di lokasi Tempat Cek Fisik Roda 2 mengarahkan saya ke bagian Loket. Saya sempat bagian Loket ini, letaknya di area depan samsat. Saya ke bagian loket dengan menunjukkan STNK yang sudah di stempel dan BPKB. Petugas langsung memberikan formulir dan kertas untuk "esek-esek" /cek nomer mesin. Tepat disebelah ruang loket terdapat ruangan terbuka yang berisi meja untuk pengisian formulir. Ada dua orang bapak-bapak sedang mengisi formulir dan seketika saya ingat kalau tidak bawa alat tulis, walaaahh,, sambil memasang wajah cantik saya pinjam aja ke salah satu bapak-bapak itu, untuk bapaknya baik, makasih ya pak, semoga rejekinya dilancarkan :).

Baca Juga: Amazing! Pelayanan Samsat Corner Royal Plaza Surabaya Cuma 2 Menit

Oh iya unik banget, pas ngisi formulir ada ibu-ibu nanya-nanya ini gimana ngisinya? hehe,, saya mah nyontek aja dari STNK, semua info yang diminta di formulir itu mayoritas ada di STNK.
Selesai mengisi form, saya kembali ke Tempat Cek Fisik Roda 2 dengan memberikan formulir yang sudah saya isi. Saya serahkan ke petugas yang ada dimeja, setelah dicek dan ricek oleh petugas meja, form dan kertas untuk esek-esek diserahkan ke petugas lain, petugasnya khusus, karena seragamnya juga khusus.
Hasil esek-esek dicek dengan BPKB dan STNK saya, setelah benar saya serahkan kembali ke petugas meja untuk ditandatangani dan selesai!!!
Waktu yang dibutuhkan total 10 menit dan free alias gratis, makasih paaak

Baca Juga: Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Keliling



si miu lagi di cek fisik


Beberapa foto yang sempat saya capture saya jadikan video seperti ini:






23 comments:

  1. kalau pake cek nomor mesin dan rangka, berarti ini ganti plat nomor yang 5 tahun sekali itu ya? bisa ya kalo di luar wilayah asal?

    ReplyDelete
  2. @firmansyah: iya ini ritual sebelum ganti plat nomer 5 tahunan, di surabaya cuma bantuan untuk cek fisiknya ajah, jd motornya ga usah dibawa pulang kampung/ daerah asal
    abis itu berkas cek fisik bantuan bisa diproses di samsat daerah asal, tp sayang kmrn aku nitip jadi ga bisa dilanjutkan proses selanjutnya hehe

    ReplyDelete
  3. jaadi yang di kirim ke daerah asal itu cuma syarat untuk perpanjangan stnk 5 tahunan ya mbak ?? dan plat akan di kasih setelah semua nya sudah selesai mbak?

    ReplyDelete
  4. baru aja kemaren minta cek fisik bantuan ,,, di gesek sendiri ga boleh pdahal hasile juga sama,,.masih kena 80 ribu hehe gatau ini apa khusus di samsat sukoharjo ya??

    ReplyDelete
  5. Wahh.. Membantu sekali informasinya, kebetulan krndaraan saya dari luar daerah, makasih infonya!!

    ReplyDelete
  6. @rangga: betul sekali
    @anonymous 1: laporkan gan! langsung ke twitternya, kalau ada nama petugas, jam, detail lah
    @anonymous 2: sama-sama :)

    ReplyDelete
  7. gan itu BPKB nya harus asli ya... kalau fotocopy bisa gak??

    ReplyDelete
  8. Anonymous diatas: BPKB waktu itu sih asli, potocopy ga tau bisa atau ndak

    aniwei,, lain kali klo comment pake nama ya,, Anonymous kan ga asik banget hahaha

    ReplyDelete
  9. Siang mba, ini saya kan mau cek fisik di sby juga, motor saya asli jogja, brrti tinggal dateng ke samsat aja kan? Ribet ga mba? Ko cuman 10 menit itu? Biasanya antri lama kan? Terima kasih

    ReplyDelete
  10. mb saya baru minta cek fisik mobil kok kena biaya 150000 di samsat bersama wlinggi cek fisik bantuan buat jabut berkas di surabaya tapi minta nya biaya di luar loket

    ReplyDelete
  11. mbak kalau cek fisik untuk balik nama, KTP yang dibawa KTP pemilik lama apa baru

    ReplyDelete
  12. Kalo untuk ngurus stnk hilang di daerah perantauan bisa cek fisik bantuan jg ga ya

    ReplyDelete
  13. Kalo untuk mengurus stnk hilang di kota perantauan bisa cek fisik bantuan juga gak ya

    ReplyDelete
  14. Kok d kantor samsat situbondo msh knak admitrasi 50 ribu y mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang ada kuitansi atau tanda terima mungkin memang resmi, kalau masih penasaran bisa langsung nanya ke twitternya polda jatim sekalian hehe

      Delete
  15. klo harga kertas gosok nya berpa ya?
    krna mau gesek mesin nya di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kertas gosoknya tidak dijual bebas mbak, krn setau saya ada petugas gosok jd ga bisa sembarangan gosok mesin sendiri, ini mungkin untuk verifikasi juga ya jd kendaraan dibawa ke samsat terdekat aja mbak

      Delete
  16. Kalo bagi stnk yg hilang bagaimana? Saya hanya punya fotocopy stnknya saja. Soalnya untuk buat yg baru katanya harus cek fisik sama gesek no mesin dan rangka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu mas, bisa langsung kontak samsat terdekat hehe *tidak menjawab pertanyaan*

      Delete
  17. Di belakang samsat temanggung ada bengkel namanya bengkel mobil BABA-E jl dewi sartika no. 13 temanggung, pagi hari saya minta tolong gesekin nomor rangka dan mesin menggunakan sticker dari polisi eh pas saya tanya ke karyawannya berapa? Dia bilang 150rb pak untuk innova. Astaga!!!! Gw di porotin???...hati2 guys kalau ke bengkel situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terim kasih infonya, teman2 yg lain kalau mau gesek nomer rangka lebih baik ke kantor polisinya saja, via calo bisa berabe begini nanti

      Delete
  18. mau nanya kalo bpkbnya ada di kota asal tidak di bawa masih bisa cek nomer mesin gak ?

    ReplyDelete
  19. Kalok mau cek fisik bantuan persyaratannya apa aja ya ?

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung