Tuesday, February 7, 2012

Mobile BTS apa BTS mobil apa Combat apa COW ?


Seperti kita ketahui bersama BTS (Base Transceiver Station) merupakan network elemen terluar dari suatu jaringan nirkabel sebelum ke subscriber. Mungkin gampangnya BTS itu tower, ini kalo jelasin sama orang-orang awan biar ga lama-lama. Posisi BTS biasanya di bawah tower, kalau biasanya ada ruangan atau kotak besar,nah itu adalah shelter BTS. Kalau kita masuk kedalam, baru kita lihat tu yang namanya BTS, bentuknya kayak kotak besar, isinya card-card atau modul-modul dengan fungsi-fungsi tertentu. Biasanya setiap vendor memiliki tipe BTS yang berbeda, jadi kalau dilihat bentuk mungkin berbeda begitu juga penamaan card-cardnya. Tapi intinya secara keseluruhan memiliki fungsi yang sama.
Berdasarkan pengamatan saya, kalau berdasarkan letak kurang lebih BTS digolongkan menjadi 3 macam (CMIIW):

1. BTS Green Field (GF) terletak diatas tanah langsung, gampangnya sih BTS nya namcep ditanah   walaupun tidak green. Biasanya dikelilingi pagar besi untuk alasan keamanan pastinya. Soalnya pencurian BTS sudah semakin marak, pencurian batere terutama.
2. BTS Roof Top terletak diatas bangunan, biasanya diatas rumah, gedung perkantoran, ruko atau diatas gedung-gedung yang lain. Kenapa harus diatas gedung? Yak arena waktu perencanaan titik yang tepat untuk BTS jatuh diadaerah yang sudah padat penduduk sehingga harus numpang di bangunan orang. Biasanya BTS seperti ini banyak ditemui didaerah kota.
3. BTS mobil atau mobile BTS adalah BTS yang berbentuk mobil, jangan heran kalau tiba-tiba menemukan BTS mobil ini di parkiran kantor, parkiran masjid, parkiran kosan mungkin. BTS ini biasanya dipasang untuk menghapadapi lonjakan trafik atau untuk menjangkau pelanggan yang belum mendapatkan sinyal sebelum BTS beneran berdiri. Ya, BTS ini memang di-on air-kan untuk waktu-waktu tertentu saja karena nantinya harus mobile lagi untuk melayani daerah lain yang masih kurang BTSnya sebelum nantinya ada BTS baru. Nah, untuk BTS mobil sendiri ada beberapa macam dan sebutan. Ada yang menyebut Mobile BTS/BTS Mobil (flexi), Combat(Tsel), Cow(Axis) tapi intinya semua sama. Nama-nama itu mungkin sering disebut atau bahkan dilihat seperti di beberapa foto berikut:



COW (Axis) masih dengan tower masih belum berkembang
COW (Axis) dengan tower setinggi 32 meter
Mobile BTS Flexi siap on-air

COMBAT (Tsel) - gambar copy dari source ini

referensi

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung