Wednesday, November 30, 2011

Persiapan Nonton bola di Gelora Bung Karno (GBK)

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia dibuat bangga oleh Timnas Sepakbola U-23. Terlepas dari hasil akhir yang harus membawa pulang medali perak dan atas kekalahan dari Malaysia tapi overall mereka sudah tampil dengan sangat-sangat gemilang. Setidaknya menurut saya, dan mampu mengobati kerinduan public Indonesia akan prestasi. Setidaknya dari sini saya sendiri melihat mungkin ini adalah saat-saat dimana sepak bola Indonesia bangkit dan berjaya lagi, semoga, aamiin
Pengalaman saat saya menonton langsung mereka waktu itu adalah saat laga dengan Malaysia dengan hasil 1-0. Kebetulan waktu itu sedang ada training di Jakarta, dan teman-teman mengajak nonton bola. Karena berbanyak orang jadinya saya bersedia ikut. Karena bayangan saya sih serem ya kalau nonton bola sendirian atau cewek-cewek saja. 
Waktu itu saya beli tiket categori 1 yang kami pikir cukup lah, ga terlalu mahal ga terlalu murah juga, waktu itu harganya Rp150.000,-. Tiap pertandingan harga tiket biasanya berbeda-beda.
Dari pengalaman pertama nonton di Gelora Bung Karno ini saya mendapat pelajaran, kira-kira apa saja persiapan, peralatan dll yang dibutuhkan pada saat akan menonton pertandingan bole di GBK, ini dia:


1. Beli Tiket
Pastikan kita membeli tiket dari agen yang bisa dipercaya. Kalau beli di rajakarcis.com biasanya masih dalam bentuk voucher, dan untuk bisa mendapat tiket harus ditukarkan terlebih dahulu. 
Beberapa penjual tiket di kaskus juga menawarkan jasa pembelian tiket samapai tiket ditangan. Dengan tambahan fee tentunya. Biasanya per tiket nambah beberapa puluh ribu. Ingat! pilihnya yang recommeded seller ya.
Karena kami-kami sok sibuk training jadinya kami memutuskan untuk titip ke teman, kalau ada yang dititipin dan dipercaya ya.

2. Cari tahu dimana tempat kita masuk dan duduk
Karena GBK sangat luas, dang a lucu kan kalau kita muter-muter nyari gate dimana kita harusnya masuk dan tribune tempat duduknya, capek kali. Jadi sebelumnya pelajari dulu peta BGK kalau perlu, carilah kita berada di sector mana? Nantinya akan masuk GBK dari mana?dan harus jalan kemana supaya efisien dan ga muter-muter tadi. Apalagi untuk yang kurang familiar dengan GBK seperti saya kan dari daerah :D
contoh denah GBK

      3. Datang ke GBK 2 jam sebelum pertandingan
Kalau mau nyaman, datang 2 jam sebelum pertandingan rasanya cukup, agar kita bisa mendapat tempat duduk yang enak dan nyaman. Kalau saran saya jangan terlalu di depan karena kemungkinan tertutup pagar nanti.
Waktu itu kami datang jam 16:30 an, pertandingan mulai jam 19:00. Waktu kami sampai di GBK masih dapat tempat duduk yang lumayan enak, ditengah-tengah. Tapi kalau lebih lama lagi pasti sudah dapat tempat duduk yang dibelakang deh.

siap-siap masuk
      4. Siapkan makanan
Ketika menjelang menonton pertandingan, pastikan kita sehat biar kuat. Selain itu juga konsumsi sangat penting terutama air minum saat menonton pertanding.  Sebelumnya makan-dulu, kalau sekiranya lama sekalian bawa makanan juga atau bisa beli disana untuk bekal didalam. Oh iya dilarang membawa air mineral dalam botol. Jadi di pintu masuk sudah disediakan kantong plastic dari panitia. Kecuali wadah plastic seperti t*pperware itu boleh masuk.
hayoo, ga boleh bawa botol
yang ini juga ga boleh
jangan lupa makanan :D

      5. Konsentrasi saat pertandingan
Berbeda dengan nonton di rumah, di GBK kita ga bisa liat replay loh. Jadi ga lucu kan kalau tiba-tiba pas ga konsen eh ternyata gol, ga seru banget kan.

      6. Awas! Jangan dorong
Saat pulang dan keluar dari GBK ga usah terburu nafsu sampai dorong-dorongan. Akibatnya bisa fatal loh.
Jangan sampai terpisah dari rombongan, nanti ga bisa pulang lagi, nyasar di Jakarta halah lebay


Nah, mungkin ini cuma sebagian hal-hal yang menurut saya perlu persiapkan, dan dipahami. Yang penting utamakan keselamatan diatas segala galanya hahaha, berasa di perlintasan kereta api


 sumber: denah GBK

5 comments:

  1. wah lum pernah nonton ke GBK langsung neeh, harus pelajari peta dulu ya, bener tuh biar ga nyasar :D. moga panitia penyelenggaraan pertandingan terus menerus melakukan perbaikan, khususnya sistem antrian dan penjualan tiket yg acapkali jadi berita miring :D

    ReplyDelete
  2. @arief: aamiin,, semoga tambah baik lah dunia persepakbolaan Indonesia kita ini hehe

    ReplyDelete
  3. ngiriiiiiiiiiiiiiiiiiiii >.<
    hiks hiks hiks......

    ReplyDelete
  4. @dWi: hayoooo,, kalau ada kesempatan nonton lah ;)

    ReplyDelete
  5. klu tempat duduk di vip timur a, row:GA, duduk di atas apa di bawah y?

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung