Tuesday, September 13, 2011

Wisata Alam Hutan Bambu Lumajang



Siapa sih yang ga suka jalan-jalan ke hutan, menikmati alam yang masih asri sambil memanjakan mata dengan pemandangan yang “ijo-ijo”. Kalau saya sih suka banget dan itu juga yang saya lakukan setiap kali liburan panjang lebaran 1432H ini. Hutan yang saya pilih adalah Hutan Bambu yang letaknya di desa Sumbermujur Candipuro Lumajang ini. Kenapa? Karena di desa yang terletak di kaki Gunung Semeru ini ada rumah saudara saya yang selalu jadi tujuan saat lebaran untuk silaturahim. sekalian

Perjalan ke Hutan Bambu dari rumah saya yang letaknya di desa Senduro Lumajang ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menitan, kalau untuk jaraknya saya kurang tahu berapa kilometer. Kalau dari Lumajang menuju ke hutan bambu ini jaraknya kira-kira 35km, kalau dalam hitungan kira-kira bisa ditempuh selama 40 menit- 1 jam dengan perhitungan jalan di Lumajang banyak yang berlubang seperti sekarang L

Apa saja yang bisa dilihat di hutan ini? Ya tentu saja pohon-pohon bambunya yang tumbuh di tanah seluas 9 Ha. Selain itu ada sumber mata air dan juga pemandian tradisional yang airnya juga didapat dari sumber mata air tersebut. Jangan ditanya deh suhu airnya, dingin banget deh, not recommended kalau buat yang mau mandi, tapi kalau orang di daerah situ sudah biasa sih bahkan air dari sumber ini dmanfaatkan untuk seluruh aktifitas kehidupan seperti mandi cuci dan juga untuk irigasi ke sawah-sawah. Banyak juga hewan-hewan yang hidup di sini seperti kera dan kalong yang bisa kita lihat setiap saat ketika kita berkunjung ke hutan bambu ini.




Pada saat libur panjang lebaran seperti kemaren untuk masuk kawasan wisata hutan bambu harus membayar tiket masuk karena ada hiburan orkes dangdut. Waktu itu saya bayar Rp5000,- karena saya datang pada hari sabtu, kalau untuk hari minggu tiketnya naik menjadi Rp10.000,- karena kalau hari minggu orkes dangdutnya mendatangkan artis Trio Macan Ular hihi. Kalau untuk hari biasa masuk ke hutan bambu ini tanpa membayar tiket, tapi kadang ada penduduk sekitar yang meminta sumbangan.

Nah, kalau yang sedang berlibur di daerah Lumajang dan sekitar bisa sekalian mampir ke hutan bambu ini, adem. Selain itu tidak jauh dari sini juga ada wisata-wisata yang lain seperti: pos pengamatan gunung Semeru yakni di gunung Sawur, ada juga pusat penambangan pasir Lumajang yang terkenal bagus. Lain kali saya tulis deh artikel tentang Gunung Sawur dan penambangan pasir Lumajang. InsyaAllah :)

5 comments:

  1. wah ternyata rumahnya sejak 2007 :D. btw, klo poto narsis nya di wisata lumajang mana ? :D

    ReplyDelete
  2. iya tapi rumahnya ga dirawat ini pak, poto narsisnya nanti deh diupdate -malu-

    ReplyDelete
  3. kalau kita bicara soal pariwisata di daerah lumajang pasti nggak akan ada habisnya mulai dari pariwisata di pegunungan sperti hutan bambu, pemandian alam seperti Selokambang sampai wisata laut sekalipun tersedia di lumajang. tugas kita sebagai masyarakat lumajang adalah menjaganya dan melestarikannya baik itu di bidang kebersihan maupun promosi kepada pengunjung. dan di harapkan kedepannya pariwisata lumajang menjadi pengahasain tersendiri untuk kabupaten lumajang..

    ReplyDelete
  4. jika berkunjung ke lumajang tentunya anda akan mencari rumah makan dan penginapan
    ini merupakan informasi tentang Restaurant di Lumajang dan Hotel di Lumajang supaya para wisatawan tidak perlu kuatir lagi soal makan dan penginapan di daerah lumajang...


    Gadis cantik asal DKI Jakarta, Reinita Arlin Puspita untuk menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2012 menggantikan Putri Pariwisata Indonesia 2011 Melissa Putri Latar dari Maluku.

    ReplyDelete
  5. ini yang dicari
    info hutan bambu di surabaya
    salah satu tempat hangout foto unik

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung